Otomotif tahun 80an memang spektakuler… Pembalap adalah seoarng figur legenda yang bertarung mati-matian satu sama lain, mengendalikan mobil bertenaga monster nya. Ingat Lancia Stratos Delta HF?? Peugeot 205 Turbo?? Itu adalah mobil-mobil Rally legenda yang telah banyak memakan korban. Jadi driver yg bisa mengendalikannya dipastikan handal. Di jepang era itu ada balapan yang mobil-mobilnya mampu membuat malu Batman (atau malah jadi inspirasinya ya?)
Super Silhouette Racers, bagian dari Fuji Grand Championship, antara tahun 1979-1983. Mobil-mobil dengan tenaga dahsyat, spoiler raksasa, dan aneka macam perangkat aerodinamika. Sejalan dengan regulasi grup 5 dari FIA yg terbuka, para insinyur dan desainer dapat melampaui batas kemampuan mobilnya baik Power, desain, maupun suaranya yg sangat dahsyat.
Kala itu jawaranya adalah Nissan, yang desain2 nya melekat di hati anak muda Jepang jaman itu sampai kini..yaitu aliran “Bosozoku”. Nissan menggunakan Datsun 910 Bluebird dengan mesin L20ZB nya kemudian Silvia S110s dan S12s yang dilanjutkan dengan Skyline DR30. Saat itu tenaga yang dicapai 570 HP hanya dengan mesin 4 silinder 2000cc dan bobot mobil 1 Ton. Setara dengan Formula 1.
Sayang sekali balapan Super Silhouette Series berakhir di tahun 1984…mobil-mobil legendarisnya masih bisa dinikmati di Museum Nissan.
Berikut Spek Nissan Silvia S110 83, K. Hoshino
Overall length / width / height
5,000/1,980/1,250mm
Wheelbase*
2,400mm
Tread (front/rear)
1,710/1,650mm
Curb weight
1,050kg
Engine
LZ20B (4-cyl. in line, DOHC), 2,082cc
EngineMax. power
Over 419kW (570PS)/7,600rpm
EngineMax. torque
Over 539Nm (55.0kgm)/6,400rpm
Clutch
B& B triple plate
Transmission
Doug Nash 5-speed
Brakes
Lockheed 4-pod(front & rear)
Tires (front, rear)
270/590-16/350-700-19
Model Number KS110
Tidak ada komentar:
Posting Komentar