Kamis, 08 Oktober 2009

Dodge Viper ACR




Versi “Race Ready Street Legal” dari Dodge Viper ini dikembangkan oleh tim SRT ( Divisi Racing Dodge) di awal tahun 2009 ini. Dengan tujuan : membungkam sport cars premium Eropa seperti Porsche dan Ferrari.
Lihat saja spesifikasi nya yg 600HP dan Torsi 760 Nm, 8400cc V-10 !!! Masih lagi ditambah kit aerodinamika yg mambantu menambah gaya tekan sebesar 500 kg pada kecepatan 150 Mph….
Pengetesan dilakukan di Autobahn Country Club Circuit, Chicago AS. Sirkuit sepanjang 3,6 Mil mampu mengeksploitasi kemampuan monster Amerika ini. Sepertinya kata “weakness” atau kelemahan tidak ada di mobil ini. Karena Oversteer dan Overpower adalah “kelebihan” !!!
Dilengkapi Ban Michelin Pilot ukuran 345/30/R19 Viper ini bisa mengakomodir tenaga monsternya...asalkan….dikendalikan dengan benar. Ikuti Ritme mesin, dan perhatian serta pengendalian diri dari pengemudi sangat diperlukan. Coba saja kendalikan dengan brutal atau mengikuti provokasi suara mesinnya dan anda sebagai pengemudi akan dengan mudah parkir di semak-semak secepat anda mengucapkan “Ulat merambat di tempat surat” hehehehehe . Tetapi jika ritme nya benar anda akan menyatu dengan “ular” ini menjadi mesin pembunuh Porsche GT3.
Rem komposit juga tidak lupa diselipkan oleh tim SRT sebagai penghenti Dodge dengan bobot 1,7 Ton ini. Untuk senjata rahasia lainnya, ACR ini mempunyai exhaust (knalpot) samping yg suaranya seperti auman T-Rex dan bisa menyebabkan pengemudi Porsche GT kaget, lalu menepi dan menangis…. It’s a Battleship!!


Gimana ya harga kapal tempur atau Jet tempur ini? Di pasaran AS dijual di kisaran 98.110 USD. Bandingkan dengan Porsche GT3 yg 107.500USD dan Ferrari 430 yg 267.456 USD..karena Michael Schumacer ikut serta mendesain dan mengembangkan mobil ini, jadi ya wajar lah kalo mahal. Utk performa nya power to weight ratio nya Viper ACR mencatat 2,83 Kg / Hp; GT3 3,7 Kg/ Hp dan Ferrari 430 2,96 Kg/ HP.. Jelas unggul ACR, walaupun ada yg lebih hebat yaitu Corvette ZR1 sebesar 2.6 Kg/HP tetapi Corvette bukan Eropa, jadi ya masih sekutu dengan Viper hehehe.
Kesimpulannya jika anda menginginkan utk membungkam GT sportscar eropa di Track Day, Viper ACR ini adalah pilihan yg tepat…tergantung nyali anda tentunya!! Tetapi jika anda adalah Sunday Driver atau hanya Racer Wannabe, saya rasa Dodge Viper standard sudah cukup brutal…
Sorry, this is not everyday car!!!

by ayodya7.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar