Sabtu, 27 Februari 2010

Perawatan pertama atau inreyen…

Tau kan inreyen?? Masa pemakain pertama di mobil atau motor baru.. 500 km, kemudian 1000 km dan terakhir 3000 km pertama.
Pernah ga bro sekalian menurutinya?? Atau masa bodoh dan hajar saja??
Sebenarnya yg di buku manual itu betul 100 %.. Masa pemakaian awal menentukan panjang-pendeknya umur mesin..
Pada 500km pertama, mesin sebaiknya digunakan maximum 4000 rpm di motor atau 3000 rpm di mobil. Kalau ga ada pengukur Rpm nya (tacho meter) ya kira2 aja..biasanya 60 – 70 kph di gigi akhir (top gear).
Setelah itu ganti oli pertama dan filter oli kemudian s/d 1000 km maximum di 5000 Rpm di motor atau 4000 rpm di mobil. Atau 70-75 Kph di top gear.
Setelah itu ganti oli lagi, s/d 3000 km maximum di 6000 Rpm utk motor, biasanya mobil di 5000 rpm. Atau 80-90 Kph di top gear..tapi kalau mobil di Gigi 5 sudah sampai 100 kph lebih nih..
Saya punya pengalaman pribadi tentang inreyen ini..waktu itu motornya Yamaha Vega th 1999, ada beberapa temen yg bilang dan mitos yg beredar kalau reyen dipakai pelan2 nanti motor jadi berat. So begitu mesin baru, langsung geber bleh…apa yg terjadi??? Nothing…..sampai dengan paling gak 10000 km tdk ada yg aneh..dan motor juga enteng, tapi lebih dari itu..wow….Ring piston kompresinya mulai bocor, setang piston (connecting rod) mulai oblak, dan tenaga motor jadi ngempos….Hmmmmhh….kapok dah..
Trus dicoba lagi nih…punya motor baru kawasaki ZX 130 th 2005…perawatan dan pemakaian pertama bener2 sesuai buku..yup, walaupun di belantara ibukota, namun mesin masih tokcer meski angka odometer sudah di 55000 km.
So turutin aja perawatan di buku manual itu, yg bikin ya insinyur kok, udah dipikir baik buruknya… :p
Salammmm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar