Kamis, 16 Juli 2009

Jembatan Suramadu




Jembatan termegah di Indonesia saat ini….Menjadi kebanggaan kita sebagai Bangsa Indonesia, karena ini merupakan karya anak negeri ini.
Tapi, belum beberapa lama Jembatan itu beroperasi, sudah ada masalah yang melandanya. Diantaranya pencurian baut-baut, lampu-lampu, dan juga rambu-rambu lalu lintas di sana. Bahkan juga ada perampokan di atas jembatan tersebut.
Entah karena mental kita yang bisa membangun tapi tidak bisa merawat atau ada hal lain?? Dampak sosial ekonomi mungkin??
Sebelum jembatan ini dibangun, masyarakat Madura menyeberang ke Surabaya menggunakan Feri. Di Penyeberangan itu tentunya akan timbul berbagai kegiatan ekonomi kan?? Seperti :
- Penyedia Jasa Feri
- Tukang parkir
- Buruh / Kuli barang
- Pedagang asongan
- Warung-warung makan
- Dll.

Nah setelah ada jembatan itu, jasa penyeberangan mati…Gulung tikar…Padahal dari perusahaan Feri itu ada pegwainya kan??? Berarti sudah ada penambahan pengangguran gara-gara jembatan ini. Yang kehilangan mata pencaharian bukan hanya orang-orang dari penyedia jasa feri saja, tapi orang-orang yang berkegiatan ekonomi di situ…
Bisa jadi mereka yang kehilangan mata pencaharian inilah yang marah dan memprotes pemerintah dengan cara menggerogoti jembatan Suramadu ini….
Jadi jika Pemerintah akan memulai lagi proyek mega konstruksi atau proyek-proyek lain, mungkin perlu juga dipelajari dahulu atau diadakan studi mengenai efek sosial ekonomi yang akan terjadi jika proyek itu berlangsung.

Sekian !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar