Jumat, 03 April 2009

Bagaimana menghemat BBM??

Bagaimana Cara Menghemat BBM anda??

Jaman sulit seperti ini, biaya transportasi cukup menjadi perhitungan. Oleh karena itu penghematan BBM sangat penting, baik bagi katong kita, kebersihan udara di sekitar kita, maupun kelangsungan energi bagi anak cucu kita…(cita” yang mulia)
Sebenarnya yang bikin boros BBM itu ada 3 faktor utama:
· Kondisi Mesin kendaraan kita
· Kondisi jalan
· Cara mengemudi / mengendarai

Saya jelaskan dulu dari kondisi kendaraan kita, jika kondisi mesin prima, otomatis kinerja nya akan efisien, artinya : energi (BBM) yang dikeluarkan sebanding dgn tenaga yang dibutuhkan. Mesin yang tidak prima itu bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa ditanyakan ke bengkel langganan anda, tapi penyebab keborosan biasanya filter udara yang sudah kotor (sehingga menghambat masuknya udara segar yang dibutuhkan mesin utk proses pembakaran BBM), performa busi (spark plug) yang sudah tidak bagus (sudah aus,dll), dan karburator / injector yang sudah kotor. Sebaiknya serviskan kendaraan anda secara rutin dong…(motor ya tiap 3000km, mobil tiap 5000km, becak 2x sehari…hehehe)

Yang kedua, kondisi jalan
. Jalan yang menanjak otomatis membuat mesin ekerja extra utk mendaki, yang berarti butuh energi lebih. Jalanan macet, memaksa mesin utk idle, berarti BBM terbuang tanpa mengantarkan kita ke tujuan. Jalan rusak dan genangan air juga memaksa mesin utk bekerja sedikit lebih keras lho…

Yang ketiga ini yang paling penting…….Cara mengemudi sampeyan….
Mengemudi atau berkendaralah di kecepatan (putaran) mesin ideal, yang bisa anda baca di manual book kendaraan anda masing” (pasti jarang dibaca tuh…hayo ngakuu). Rata” putaran mesin ideal motor adalah 4000 rpm dan mobil di 2500 rpm. Atau kalau diterjemahkan pada kecepatan kendaraan itu, antara 45 – 60 km / jam pada gigi top gear. Untuk mobil dengan teknologi VVTi atau CVVT atau VTEC, dsb, kecepatan itu bias lebih. Sebagai contoh, Honda Jazz dengan 2500 rpm di gigi 5 bisa mencapai 75 km / jam.
Perilaku mengemudi yang hemat lainnya, jangan terlalu sering memainkan pedal atau tuas gas (throttle) anda,baik saat oper gigi atau di lampu merah. Karena itu membuang bensin secara percuma. Saat berakselerasi pun, sebaiknya lakukan dengan lembut…jangan berakselerasi mendadak, karena BBM akan terbuang diakibatkan tidak seimbangnya pasokan udara dan bensin. Sedikit saran lagi, matikan mesin saat di lampu merah jika timer menunjukkan angka masih di atas 40 detik. (kan sekarang udah banyak lampu merah yang pakai timer). Perhitungannya jika timer masih 50 detik (0.0139 jam) maka dengan kecepatan 40 km/jam bisa ditempuh jarak 0.56 km…lumayan kan…Jadi Matikan mesin jika timer masih di atas 40 detik yaa…


Sekian dulu ya, semoga berguna….Smart Ride Smart Drive for Better Life !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar