Rabu, 29 April 2009

Suzuki Bandit 400 ( GSF 400 ) 1989 – 1999


Suzuki Bandit, atau GSF 400 adalah versi naked bike touring dari GSXR-400. Motor ini sangt populer di Indonesia, terutama di pengguna Moge junior, atau yang baru mencoba-coba moge. Suzuki Bandit yang beredar di Indonesia adalah versi Asia Tenggara yang berbasis pada versi Inggris, dan mulai masuk di Asia Tenggara (Singapore) pada tahun 1991, dicirikan dengan nomor rangka berawal huruf M atau L.

Suzuki Bandit sendiri diciptakan untuk melengkapi range product sport touring Suzuki dan memuaskan hasrat pengendara utk motor sport touring naked yang kental performa sport dan utk menyaingi kehadiran Ducati Monster. Bandit ini mempunyai beberapa varian mesin yaitu 250, 400, 600 / 650 (mulai tahun 2000), 1100/1200cc. Untuk yang 250cc dan 400 cc mempunyai varian lagi yaitu 250V dan 400V, yang mengusung teknologi variable exhaust timing, mulai tahun 1991. Untuk versi 400cc ke atas sudah memiliki teknologi tsb sebagai standard.

Untuk sementara yang akan dibahas di sini adalah versi 400cc karena merupakan versi yang beredar di Indonesia. Sebenarnya Suzuki juga mempunyai jenis turunan lain dari mesin GSXR 400 yaitu GSX 400 Inazuma (atau Thunder) dan GSX 400R Katana. Bandit ini adalah pengganti Katana 400, karena varian tsb kurang diminati. Untuk Thunder sendiri masih diproduksi sampai sekarang, tapi versi 400cc sudah diganti 600cc. Pembeda Bandit 400 dari 2 produk Suzuki di atas adalah:
mesin bandit liquid cooled atau berpendingin air (radiator) sedangkan mesin Thunder & Katana berpendingin oli atau oil cooled.
Karburator Bandit mengunakan teknologi slingshot seperti di GSXR 400 sedangaka Thunder dan Katana tidak menggunakannya.
Suspensi Bandit & Katana adalah Monoshock di belakang, sedangkan Thunder mengusung dual shock sehingga Thunder lebih murni touring bike.
Dan masih ada beberapa lagi perbedaannya seperti derajat pengapian Bandit yang lebih mirip ke GSXR dibandingkan dengan Thunder, sudut kemudi, dll. Yang tidak terlalu tampak secara eksplisit.

Suzuki Bandit 400 yang beredar di Indonesia adalah versi Singapore (Inggris) buatan tahun 1991-1999. Versi Ingris ini hanya memiliki 1 buah rem cakaram di depan sebelah kiri, persis dengan versi 250cc nya. Lain dengan versi Eropa lainnya dan versi Jepang yang mempunyai cakram ganda. Knalpotnya juga warna hitam, sementara versi Jepang & Eropa knalpotnya chrome. Utk tenaganya juga lebih kecil yaitu 53HP dibanding versi Jepang yang 59 HP. Mungkin hal ini utk menghemat proses produksi, karena di Inggris motor ini sebagai produk awal Sport Suzuki, istilahnya pahenya Suzuki Inggris lah sama seperti Suzuki Smash, Yamaha Vega & Honda Revo di Indonesia..hehehehe.

Meskipun demikian Suzuki Bandit ini masih mampu bersaing dengan Honda CB 400 dan Yamaha FZ 400 yang notabene lebih mahal. Mesin Bandit yang DOHC 16 valve liquid cooled, 6 speed persis GSXR 400 tentu saja sangat responsif dan didukung oleh slingshot karburator, yaitu karburator jenis vakum yang sangat responsive dan efisien dalam perbandingan bahan bakar – udaranya. Tenaga 53 HP 11500 rpm (55HP utk bandit V) dan torsi 3,9 Kgm (4,7 Kgm @ 9500 rpm di Bandit V) di 10500 rpm sangat cocok untuk jalanan yang lebar dan menantang disaat touring jarak jauh, namun kurang cocok utk jalanan perkotaan yang padat dan jalanan berliku. Mungkin Bandit ini lebih tepat digolongkan sebagai naked sport bike dbaningkan sport touring. Konsumsi bahan BBM utk bandit sendiri di kisaran 1:28. Oya, mulai tahun 1995 masuk Bandit 400V yaitu Bandit dengan tekologi variable exhaust valve timing dan mulai 1996 sudah tidak ada lagi versi biasanya. Pembedanya yaitu di exhaust port atau lubang exhaust ada katupnya seperti Honda NSR dan Kawasaki Ninja 150 itu, jadi ketika rpm tinggi katup akan membuka penuh dan ketika rpm rendah katp hanya terbuka sedikit utk menghemat BBM dan mengail torsi lebih awal. Secara fisik terlihat pada Head Cylinder yang dicat merah dan swing arm yang lebih kotak. Di Indonesia hanya ada beberapa yang masuk, mungkin karena lebih mahal ya… Juga ada versi limited atau VZ yaitu versi dengan half fairing yang mirip motor pak polisi.

Posisi mengemudi Suzuki Bandit ini memang touring, mirip seperti Honda Tiger. Tetapi utk tikungan ekstrim sehingga motor rebah, tidak masalah karena rangka tubular didukung bentuk tanki yang nyaman serta suspensi belakang monoshock sehingga buritan tdk geal geol walaupun jalanan bumpy. Bandit 400 juga tidak begitu berat, hanya 168 Kg. Utk harga pasaranya di Indonesia sekitat 19 – 25 juta. Tergantung kondisi…(saya punya satu, warna hitam kode L dijual 22jt nego..hehehehe). Jadi utk moge yang tidak terlalu besar memang bandit jadi pilihan yang pas..juga lebih gagah disbanding beli Tiger lho..

7 komentar:

  1. MASIH ADA GA BANDITNYA MAS????????? LW ADA TOLONG KASIH INFO YA MAS....... setan_pemarah@live.com

    BalasHapus
  2. mau ikut nimbrung jg neh mas msh ad nggak banditnya kontak2 yah he3 btw taon brapa?
    ajep07@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. barang masih ada nda Mas 1tujuan@asia.com

    BalasHapus
  4. mas foto banditnya di upload dong, siapa tau ane minat :)

    di email juga boleh :)

    BalasHapus
  5. bandit sudah laku di Boyolali...laku 20 juta mas, kosong.

    BalasHapus